"kami pekerja, suka membaca"

Selasa, 14 Agustus 2012

Hipnotis Untuk Kecerdasan & Kesembuhan

Pengarang : Saraswati
Penerbit : Media Pressindo
No : SPPT.0172-DP-0409








Apa itu Hipnotis/ Hipnosis?

Kali ini penulis mencoba merangkum beberapa artikel khusus untuk hipnosis di bawah ini Pertanyaan yang mengundang polemik sekitar apa itu hipnotis bedanya dengan hipnosis atau dengan hipnotisme akan mendapat jawaban berbeda bila anda sempat mencari referensi baik dari buku ataupun media online.
Beberapa orang menyatakan bahwa itu hanyalah istilah yang sama, tetapi beberapa praktisi mengatakan itu adalah berbeda. Baik kita coba telusuri dari awal kata itu berasal.

Kata hipnotis berasal dari bahasa Ingris yaitu hipnotist yang artinya pelaku dari kegiatan hipnotis menurut kamus dan menjadi sama dengan arti dari hypnotherapist yaitu menjadi hipnoterapis.
Dengan awamnya pengetahuan masyarakat tentang hipnotis ini menjadikan istilah ini bernada negatif sedangkan untuk kata hipnosis dipandang sebagai istilah yang alami.

Kita coba masuk kedalam kamus besar Bahasa Indonesia mengenai kata hipnosis dan kata hipnotis agar referensi kita jelas. Kata hipnosis adalah “keadaan seperti tidur karena sugesti, yang pada taraf permulaan orang itu berada dalam pengaruh orang yang memberikan sugestinya, tetapi pada taraf berikutnya menjadi tidak sadar sama sekali”. Sedangkan untuk kata hipnotis adalah “membuat atau menyebabkan seseorang berada dalam keadaan hipnosis; berkenaan dengan hipnosis”.

Ini yang menyebabkan orang menjadi ragu dan kuatir apabila dirinya di hipnotis karena ada kata tidak sadar sama sekali. Sesungguhnya kondisi hipnosis merupakan perpindahan dari pikiran sadar menuju pikiran bawah sadar bukan tidak sadar yang dimaksud dengan kamus besar.

Ini masih menjadi polemik besar antara kata hipnotis dan hipnosis. Maka dari itu kita akan mengikuti perkembangan waktu untuk menilai lebih lanjut mengenai kata ini.

Kesimpulannya adalah sebenarnya proses hipnotis dan hipnosis berakar dari kata yang sama dan memiliki makna yang sama tetapi di pemahaman masyarakat kita mengenal kata hipnosis sebagai proses alami terapi atau berhubungan dengan bawah sadar psikologi seseorang sedangkan kata hipnotis bermakna agak negatif dan kadang ditampilkan sebagai memaksa seseorang untuk diambil alih kesadarannya seperti yang dilihat atau dibaca di media televisi dan internet dan media koran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar