"kami pekerja, suka membaca"

Jumat, 31 Mei 2013

Dahlan Juga Manusia (Pengalaman Pribadi mengenal Dahlan Iskan

Pengarang : Siti Nasyi'ah
Penerbit : Pt Elex Media Komputindo
No : SPPT.0310-DP-0413
 

Apakah Anda pernah membaca buku "Sepatu Dahlan"? Novel terbitan Noura Books itu berkisah tentang masa remaja Menteri Negara BUMN, Dahlan Iskan. Lewat novel itu pula, terungkap bahwa Dahlan dibesarkan dalam keluarga miskin yang harus berjuang memenuhi kebutuhan dasar hidupnya.
Tampaknya, sosok Dahlan yang bersahaja menginspirasi sejumlah orang untuk mengabadikannya menjadi tulisan. Terbukti, satu lagi buku tentang Dahlan diterbitkan. Kali ini judulnya "Dahlan Juga Manusia." Buku ini ditulis oleh mantan wartawan yang kini menjadi Koordinator Bonek Wanita Surabaya, Siti Nasyiah.
Buku setebal 282 halaman tersebut diluncurkan di Gramedia Expo Surabaya, Jawa Timur, Rabu (27/6). Dahlan hadir pada acara peluncuran buku tersebut. Turut hadir pula, Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, beserta pejabat dan tokoh masyarakat Surabaya.Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi saya selama mengenal sosok Dahlan Iskan. Dulu saat menjadi anak buahnya hingga sekarang saya anggap sebagai ayah sendiri," kata Siti yang akrab disapa Ita.
Ita mengaku kali pertama menulis buku tersebut setelah bertandang ke rumah Dahlan pada awal Februari 2012. Sebagai orang yang merasa mengenal Dahlan sejak lama, dia ingin menunjukkan sosok mantan Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara itu kepada masyarakat.
"Agar semua khalayak tahu bahwa sosok Dahlan Iskan itu bukan pencitraan dan seperti inilah beliau dari dulu. Tidak ada yang dibuat-buat dan sifat aslinya seperti itu. Dalam berpenampilan juga, tetap sepatu kets, kemeja dan tanpa jas," tutur Ita.
Penulis buku "Haji (Koq) Nunut" dan "Mami Rose" itu menuangkan sosok Dahlan yang dia kenal sejak 1991 dalam buku "Dahlan Juga Manusia". Dahlan menulis kata pengantar dalam buku itu dan mengaku bangga dengan penulis yang menceritakan kisah hidupnya itu. "Saya bangga pernah bekerja dengannya, termasuk wanita hebat, apalagi masih muda," katanya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar