"kami pekerja, suka membaca"

Selasa, 17 Juli 2012

Panduan Praktis Mendidik Anak Autis,Menjadi Orang Tua Istimewa

Pengarang : Andriana S Ginanjar
Penerbit : Dian Rakyat
No : SPPT.0145-DP-0409
Akhirnya Dr. Adriana menuangkan semua ilmu dan tipsnya yang didapat dari pengalaman maupun hasil observasinya dalam sebuah buku. Tidak ada yang ketinggalan, dari masalah bagaimana menanggulangi stress waktu pertama tahu anak didiagnosa autis, info tentang autisme, menangani masalah umum anak ASD seperti masalah sensori, prilaku, komunikasi, sampai cara mengembangkan potensi dan bakat yang ada. Benar-benar dikemas secara runut, lengkap dan tuntasss..... dengan bahasa ilmiah tapi mudah dimengerti. (LM)

Berikut komentar lain dari yang pernah berkecimpung di dunia anak berkebutuhan khusus:

1. Dra. Dharmayati Utoyo Lubis, M.A.,Ph.D. (Dekan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia)

Akhirnya terbit juga buku panduan yang praktis dan tepat guna bagi orangtua anak autis. Penulis buku ini adalah seorang Psikolog Klinis yang memang pakar dalam spektrum autisme dan seorang family therapist. Ia tak hanya bicara pada tataran teori tapi juga berdasarkan pengalaman pribadi.

Buku ini ditulis dengan gaya menarik karena penuh cuplikan "sharing" para orangtua sehingga yang membaca akan merasa ia tidak sendirian sebagai orangtua anak autis. Ia dapat menjadi orangtua istimewa dari anak yang istimewa pula. Cara pandang ini sejalan dengan pendekatan mutakhir di bidang psikologi yaitu Psikologi Positif yang melihat dan mengembangkan potensi-potensi positif manusia.

2. Ibu Sri Purwita Mintarti/Ninong (Koordinator Guru Spesial Education, Sekolah Cita Buana)

Buku ini meng-cover masalah krusial yang dialami oleh anak autis beserta keluarganya. Yang membedakan buku ini dari buku panduan autis lainnya adalah tak hanya panduan dan tips praktis bagaimana menangani anak autis, Ibu Adriana juga secara jujur mengemukakan suka duka dan perjuangan yang dilalui oleh para orang tua yang menjadikan orang tua anak spesial ini sangat SPESIAL. Sangat menyentuh hati!

Buku ini patut dibaca oleh para orang tua spesial, terapis, guru special education, dokter, psikolog dan para pemerhati anak berkebutuhan khusus.

3. Ibu Leny Marijani (Pengelola situs & milis Autisme Puterakembara)

Akhirnya beliau mau juga menuangkan semua ilmu dan tips yang didapat dari pengalaman maupun hasil observasi selaku Doktor dalam sebuah buku. Tidak ada yang ketinggalan pokoknya, dari masalah bagaimana menanggulangi stress waktu pertama tahu anak didiagnosa autis, info tentang autisme, menangani masalah umum anak ASD seperti masalah sensori, prilaku, komunikasi, sampai bagaimana mengembangkan potensi dan bakat yang ada.

Benar-benar dikemas secara runut, lengkap dan tuntasss....dengan bahasa ilmiah tapi mudah dimengerti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar