"kami pekerja, suka membaca"

Selasa, 04 Maret 2014

Long walk Nelson Mandela

Pengarang : Paharizal S.Sos.M.A
Penerbit : Narasi
PNo : SPPT.0347-DP-0314
Nelson Mandela adalah potret dari perjuangan sebuah asa. Ia, yang terlahir dan tumbuh di antara kaum sukunya, akhirnya tampil menjadi sosok pemimpin sekaligus pemersatu bagi bangsanya. Nelson Mandela menjadi saksi sekaligus actor penting yang menerangi lorong sejarah kelam politik apartheid. Buku ini bagai suatu mozaik dari perjalanan panjang seorang pejuang Afrika Selatan.
Bagian pertama buku ini dibuka dengan gambaran proses terbentuknya politik apartheid (diskriminasi warna kulit yang berkarakter rasisme) yang terjadi di Afrika Selatan; masa awal kehidupan Nelson Mandela; perkenalan untuk pertama kalinya tentang wacana penindasan berbasis rasis; serta bangkitnya kesadaran kritis dan semangat perlawanan Nelson Mandela
Bagian selanjutnya difokuskan pada aksi  perlawanan yang dilakukan oleh Nelson Mandela terhadap rezim politik apartheid, ketika dia melihat bahwa perlawanan yang efektif adalah perlawanan yang memanfaatkan organisasi sebagai “ senjata “.
Pada bagian akhir dipaparkan tentang “kemenangan” Nelson Mandela, yaitu dengan dicabutnya politik apartheid di Afrika Selatan. Juga dibahas tentang terpilihnya Nelson Mandela sebagai presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan; kiprahnya di dalam dan luar negeri ketika menjalani tanggung jawab sebagai seorang presiden ; kebijakan dan aksinya dalam mengampanyekan perdamaian dunia; hubungan dengan ketiga istrinya; hingga masa-masa ketika dia sakit parah dan mengalami masa-masa kritis karena penyakit radang paru-paru dideritanya.
Walaupun Nelson Mandela dalam keadaan sakit-sakitan, dia masih sangat peduli dan peka ketika mendengar atau melihat terjadinya ketidakadilan. Hidup Nelson Mandela benar-benar diabdikan untuk mendorong perdamaian, keadilan, dan kesetaraan bagi seluruh umat manusia tanpa memandang perbedaan.
Nelson Mandela telah menempuh jalan panjang untuk mewujudkan impiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar