"kami pekerja, suka membaca"

Senin, 15 April 2013

Mereka yang Tak Terlihat ( Kemiskinan Dan Pemberdayaan Di Indonesia )

Pengarang : Irfan Kortschak
Penerbit ; PnPm Mandirio
No ; SPPT.0283-DP-0912
 
Siapakah orang-orang yang tak terlihat di Indonesia? Mereka diantaranya adalah orang yang cacat fisik di Aceh; orang dari sebuah desa dengan kelainan tunarungu yang dibawa sejak lahir di Bali yang sangat besar jumlahnya; anak-anak kurang gizi dan orangtua mereka di Timor Barat; janda dan kepala rumah tangga perempuan di Lombok; orang cacat kusta di Sulawesi Selatan; perempuan yang hidup dalam kekerasan komunial di Ambon; para penderita HIV dan AIDS di Papua; anak-anak di sebuah desa di Jawa Barat yang tidak punya kesempatan masuk ke sekolah menengah; pekerja seks di Kalimantan Barat; dan waria di Jawa Timur.
Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat, (PNPM) telah mengembangkan inisiatif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memberi mereka kesempatan untuk secara aktif berpartisipasi dalam kehidupan sosial, politik, dan ekonomi. Sebagaimana diperlihatkan dalam buku ini, melalui wawancara langsung, mereka bukanlah korban yang hanya duduk pasif menunggu bantuan. Namun mereka secara aktif bekerja untuk memperbaiki kehidupan mereka sendiri.
Dengan lebih dari 100 buah foto, buku ini memaparkan kisah-kisah kehidupan  orang yang tak terlihat itu yang kadang memilukan namun selalu menghangatkan hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar