Penerbit : Maiestas Publishing
No : SPPT.0149-DP-0409
Universitas Bengkulu melalui visinya menyebutkan bahwa UNIB mengedepankan pelayanan prima kepada stakeholders, baik stakeholders internal maupun eksternal. Namun, visi yang amat luhur ini masih terkendala oleh berbagai factor antara lain oleh inefisiensi dalam melayani stakeholders serta banyaknya keluhan stakeholders tentang lambatnya pelayanan di UNIB ini. Dalam rangka mencapai pelayanan prima, yang ditandai oleh kepuasan stakeholders, adanya akuntabilitas publik dll maka perlu dilakukan evaluasi sejauh mana prosedur kerja telah dirancang, dilaksanakan dan direvisi serta bagaimana pelaksanaan SOP di lingkungan UNIB.
UNIB
bertekad untuk menerapkan prinsip-prinsip tata kepemerintahan yang baik
(good governance), sehingga diharapkan akan mendorong terbentuknya
manajemen UNIB yang lebih efisien, dan terbentuknya profesionalisme.
Untuk mencapai kondisi tersebut, maka perlu adanya evaluasi SOP yang telah ada dan merevisinya jika diperlukan, dan membuat SOP baru jika memang belum ada. Kata kunci utama dalam pembuatan SOP adalah disusun berdasarkan kebutuhan stakeholders, baik internal maupun eksternal.
Apa itu SOP?
Standard
Operating Procedure merupakan satu set pedeoman dalam suatu organisasi
yang menjelaskan prosedur kegiatan rutin. SOP sangat dibutuhkan oleh
suatu organisasi untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan
efisien. Sebelum membuat SOP, maka pada tingkat pertama UNIB harus
membuat kebijakan mutu layanan yang biasanya tertuang dalam visi, misi,
dan Renstra UNIB, yang kemudian dituangkan dalam ”quality manual”. Quality manual
memuat kebijakan kualitas dan memberikan tinjauan umum dari
proses-proses inti dalam suatu organisasi. Kebijakan mutu kemudian
dijabarkan ke dalam SOP-SOP (tingkat kedua).
SOP adalah prosedur-prosedur standard yang mendefinisikan bagaimana
eksukusi berbagai tanggungjawab dari unit terkait yang relevan dengan
investigasi mutu layanan. Agar SOP dapat dilaksanakan, maka perlu dibuat
jabaran SOP secara teknis yang tertuang dalam instruksi kerja dalam
suatu unit kerja (tingkat ke 3). Pada tingkat terakhir (tingkat ke 4)
dapat dibagi menjadi dua. Bagian pertama meliputi formulir-formulir
yang diperlukan untuk mendukung kegiatan layanan di UNIB, serta
dokumen-dokumen pendukung terkait. Bagian kedua meliputi records yang
berfungsi sebagai bukti bahwa langkah-langkah inti dari mutu layanan
telah terpenuhi. Records berguna untuk analisis data dan peningkatan
layanan yang berkesinambungan.
Manfaat SOP
- dapat digunakan sebagai sarana untuk mengkomunikasikan pelaksanaan suatu pekerjaan di UNIB.
- dapat digunakan sebagai sarana acuan dalam melakukan penilaian terhadap proses layanan di UNIB.
- dapat digunakan sebagai sarana pelatihan bagi staf baru sehingga mengurangi waktu yang terbuang untuk memberikan pengarahan.
- dapat digunakan sebagai sarana mengendalikan dan menggantisipasi apabila terdapat suatu perubahan sistem di UNIB.
- dapat digunakan sebagai sarana audit sistem informasi di UNIB.
Pembuatan SOP
A. Penilaian kebutuhan SOP
Langkah
pertama dalam membuat SOP adalah penilaian kebutuhan SOP. Jika di suatu
bagian/sub bagian belum ada SOP-nya, maka pertanyaan yang perlu
dicarikan jawabnya adalah ”SOP apa yang dibutuhkan oleh suatu bagian/sub
bagian/UNIB? Jika sudah ada SOP pertanyaannya adalah ”Apakah SOP yang
telah ada mampu memenuhi kebutuhan organisasi UNIB?
B. Pengembangan SOP
Langkah-langkah pengembangan adalah sebagai berikut:
- Pembentukkan tim dan kelengkapannya
- Pengumpulan informasi dan identifikasi alternatif.
- Analisis dan pemilihan alternatif.
- Penulisan SOP.
- Pengujian & Review SOP
- Pengesahan SOP
kalau mau mendapatkan buku ini giman prosedurnya..???
BalasHapusmakasih,maaf