Penerbit :PT Quadrant Utama
No : SPPT.0152-DP-0409
LATAR BELAKANG
Merumuskan
jabatan secara akurat adalah salah satu unsur penting dalam
pengembangan organisasi di suatu Perusahaan. Makna jabatan bagi suatu
perusahaan perlu ditentukan untuk melihat keterkaitannya dengan lingkup
kerja, bobot kerja, kompetensi yang dibutuhkan untuk dapat berkinerja
secara optimal di dalam suatu jabatan.
Filosofi yang ada di belakang penilaian jabatan di satu Perusahaan akan sangat menentukan format jabatan seperti apa yang akan digunakan. Penilaian jabatan menjadi faktor yang dapat membantu organisasi dalam menentukan sistem ke-HRD an terutama sistem penggajian yang akan diterapkan. Sistem penilaian bobot kerja dapat memberikan justifikasi yang adil pada saat memberikan penghargaan berupa gaji dan fasilitas bagi karyawan.
Workshop ini akan dimulai dengan pembahasan konsep mengenai jabatan dan kaitannya dengan desain organisasi, sebelum masuk pada salah satu fungsi Analisa Jabatan, yaitu untuk pemberian bobot dan pengembangan sistem grading dan kompensasi.
SASARANFilosofi yang ada di belakang penilaian jabatan di satu Perusahaan akan sangat menentukan format jabatan seperti apa yang akan digunakan. Penilaian jabatan menjadi faktor yang dapat membantu organisasi dalam menentukan sistem ke-HRD an terutama sistem penggajian yang akan diterapkan. Sistem penilaian bobot kerja dapat memberikan justifikasi yang adil pada saat memberikan penghargaan berupa gaji dan fasilitas bagi karyawan.
Workshop ini akan dimulai dengan pembahasan konsep mengenai jabatan dan kaitannya dengan desain organisasi, sebelum masuk pada salah satu fungsi Analisa Jabatan, yaitu untuk pemberian bobot dan pengembangan sistem grading dan kompensasi.
1. Menilai bobot kerja dari jabatan yang ada dalam organisasi
2. Menjadi dasar dalam pembuatan sistem penggolongan dan jabatan
3. Menjadi dasar dalam penilaian sistem remunerasi
OUTLINE
Konsep dari sebuah Jabatan
Prinsip dan metode dalam Analisa Jabatan
Me-link antara Analisa Jabatan dengan Manajemen Kompetensi
Format job description yang optimal
Tujuan Evaluasi Jabatan
Proses Evaluasi Jabatan
Faktor-faktor dalam Evaluasi Jabatan
Metode wawancara dalam proses Evaluasi Jabatan
Implementasi Job Evaluation dalam organisasi
Tahapan pembuatan struktur jabatan/job grading dan salary structure
Perbandingan berbagai metode Evaluasi Jabatan yang banyak digunakan di berbagai industri
Overview metode evaluasi jabatan yang bisa langsung digunakan partisipan
No | Lingkup | Sasaran | Output |
1 | Analisa Jabatan | Mengetahui metode analisa jabatan Memberikan gambaran sistem analisa jabatan yang banyak diterapkan di beberapa perusahaan sebagai gambaran / benchmarking |
Job Description |
2 | Evaluasi Jabatan | Mempelajari flow proses evaluasi jabatan Mengetahui metode evaluasi jabatan Evaluasi jabatan dengan azas internal equity Wawancara dalam proses proses evaluasi Memberikan gambaran perbandingan beberapa metode evaluasi jabatan |
Nilai jabatan |
3 | Job Grading | Mempelajari pembuatan job grading Memberikan gambaran implementasi grading terhadap matriks golongan Keterkaitannya dengan salary structure |
Matriks Golongan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar